Fungsi search pada windows digunakan
untuk mencari file-file pada komputer, dimana dengan mengetik file
ekstention seperti *.exe, *.doc, dll maka kita dan orang lain dapat
mencari file-file yang ada pada komputer tersebut yang disimpan pada
hardisk di partisi manapun.
Tapi terkadang fasilitas ini mengganggu
untuk kerahasiaan dokumen kita, kalau untuk kepentingan pribadi bagi
sipemilik tidak masalah, tetapi bila seseorang menggunakan komputer
kita, maka mereka dapat melacak keberadaan file dokumen kita, untuk
mengatasinya anda dapat menonaktifkan fungsi search pada windows.
Seperti kita ketahui windows memiliki
fasilitas search yang berfungsi mempermudah user melakukan pencarian
berbagai macam file di harddisk, tetepi terkadang orang lain menggunakan
fasilitas search untuk mencari file pribadi di komputer kita. Bagaimana
mencegahnya? yaitu dengan cara menonaktifkan fungsi search di windows.
Berikut cara menonaktifkan fasilitas search:
- Tekan tombol windows+R (run) di keyboard.
- Ketikkan “gpedit.msc”.
- Pilih user configuration – Administrative templates – Star menu and taskbar.
- Akan muncul banyak opsi, cari “Remove search menu from star menu”
- Double klik entry tersebut kemudian Pilih Enabled
- Apply dan OK, keluar dari gpedit dan coba anda tekan Ctrl+f atau F3
- Maka windows search tidak akan muncul
0 komentar:
Posting Komentar