Jumat, 09 November 2012

Cara Mengatasi Flashdisk Write-Protected




 
Pasti akan ribet sekali jika kita memakai Windows 7 tapi tidak bisa operasi copy-paste ke flashdik atau USB storage device yang lain, selalu muncul pesan error write-protected. hal ini juga yang saya alami bebeberapa waktu yang lalu. Sempat berpikir install ulang, tapi hal itu adalah jalan terakhir. Mau tidak mau kalau mau pindah file ke flashdisk aku harus restart ke Ubuntu, dan itu sangat memakan waktu. kalau biasanya tinggal Ctrl C dan Ctrl+V sekarang harus nungu minimal 2 menit hanya sekedar untuk memidah sebuah file dari komputer ke harddisk begitu juga sebaliknya, tanpa banyak bicara lagi langsung saja saya akan kasi tahu bagaimana cara mengatasinya.

Cara yang Pertama
  1. Pertama anda buka regedit (Kalau windows 7 -> start – ketik regedit di search all program, tapi kalau di windows XP klik start -> run -> ketik regedit)
  2. kemudian masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Control\StorageDevicePolice
  3. Perhatikan di panel sebelah kanan, jika ada ada writeprotec, hapus writeprotec tersebut atau bisa juga hapus key StorageDevicePolicies. Kemudian refresh; caranya dengann klik menu view kemudian pilih refresh atau hanya dengan menekan tombol F5)
  4. Kemudian ejeck flashdisk dan silahkan ulangi operasi copy-paste-nya

Cara yang kedua 

  1. Buka Command Prompt Windows dengan cara buka run dan isi dengan cmd dan ketik CHKDSK /F Drive letter: (contoh apabila flashdisk berada di drive G maka chkdsk /f
  2. Setelah selesai, coba untuk membuat folder baru pada Flash Disk tersebut, apabila berhasil, maka folder baru tersebut akan tersimpan di flashdisk walaupun flashdisk tersebut tidak tersambung pada komputer sekalipun. 
  3. Apabila masih gagal, coba ulangi format dengan perintah Format Drive letter: (contoh apabila flashdisk berada di drive G maka format)
  4. Atau dapat dilakukan melalui Computer Management dan lihat volume drive flash disk yang akan diformat, kemudian format. Bila masih error, coba restart komputer.

Cara yang ketiga

  1. Buka windows Explorer, Klik kanan pada Drive Flash disk yang write protected kemudian klik “eject” 
  2. Cabut Flash disk tersebut tanpa Safely remove,
  3. Pasang kembali Flash Disk tersebut.
Apabila Flashdisk masih write protected, ulangi langkah 1-3, (kadang cukup sekali, kadang beberapa kali bahkan puluhan kali lebih).

Apabila cara menghilangkan atau membuka flashdisk yang write protected berhasil, untuk berjaga-jaga silahkan backup isi flashdisk tersebut kemudian format agar dikemudian hari flashdisk tidak mengalami hal seperti ini. Langkah yang pertama biasanya disebabkan dari komputer, langkah kedua dan ketiga biasanya karena memang flashdisk tersebut error.

Apabila dari cara-cara di atas masih belum bisa, maka pakai cara yang paling ampuh, yaitu dengan membeli flashdisk yang baru. Untuk yang media tempat penyimpanan pada SDHC atau microSD mengalami write protected walaupun switch write protected tersebut sudah off, coba untuk menggunakan Card reader yang dapat membuka write protected walaupun dalam kondisi write protected. Pengalaman dari Saya untuk Card reader tersebut ada pada card reader dengan merk mumuksu yang harganya sekitar 45 ribuan. Demikian semoga dapat bermanfaat.
 

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© 2011 e - Tutorial | by Moeh Fitrah