Rabu, 06 November 2013

Daya Tahan Baterai SmartPhone

Oleh Daniel Bean, Yahoo News

Apakah berkurangnya daya baterai iPhone membuat Anda kesal? Anda mungkin tidak sendirian. Beberapa tes menunjukkan bahwa smartphone terbaru Apple mungkin bukanlah yang paling baik di pasaran. Faktanya, mungkin iPhone tidak menduduki peringkat lima teratas.


Menurut blog ulasan konsumen Which?, Samsung Galaxy S4, HTC One dan Samsung Galaxy S4 mini memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 5s dalam hal durasi telepon. S4 memiliki durasi telepon selama 1051 menit dan  iPhone yang baru hanya bertahan selama 651 menit. Untuk daya tahan baterai saat menggunakan internet, peringkat 5s bahkan lebih rendah lagi, di posisi tujuh. S4 kembali menempati posisi pertama dengan daya tahan selama 405 menit, namun ponsel seperti BlackBerry Z10 and Nokia Lumia 1020 juga mengalahkan iPhone 5s dan 5c (dengan daya tahan selama 289 dan 252 menit secara berurutan).

Pada peluncuran  iPhone 5s, beberapa ulasan dan tes menyingkap bahwa iPhone 5s, walaupun memiliki baterai yang sedikit lebih besar, menawarkan daya tahan yang hampir sama dengan iPhone 5 yang diluncurkan tahun lalu. Situs teknologi AnandTech melakukan serangkaian tes pada ponsel terbaru Apple dan menemukan bahwa ponsel itu jauh tertinggal dari beberapa ponsel di pasaran dalam tes waktu browsing web dengan WiFi – termasuk iPhone 5 – walaupun ponsel itu unggul dalam tes waktu browsing web di LTE. Dalam sebuah  tes yang sama untuk durasi telepon pada iPhone 5s, AnandTech menempatkan ponsel itu di peringkat kesembilan di bawah ponsel-ponsel Android, juga iPhone 5c dari Apple.

Walaupun mungkin ini tidak penting, percobaan yang dilakukan AnandTechs menunjukkan bahwa Samsung Galaxy S4, sebuah pomsel yang menurut Which? adalah ponsel nomor satu, memiliki hasil yang cukup memuaskan dalam tes browsing web dan durasi telepon.

Jadi, apa arti dari angka-angka dan peringkat itu? Kami tidak berpura-pura tahu ponsel mana yang menawarkan daya tahan baterai yang terbaik bagi kehidupan sehari-hari Anda, walaupun dengan menggabungkan dua studi itu memberikan kesan mengenai perkiraan daya tahan baterai di antara smartphone yang saat ini beredar.

Ada pertukaran yang jelas antara portabilitas dengan ukuran baterai pada alat-alat seluler, seperti yang ditunjukkan oleh Which?, namun para pengguna sepertinya memperhatikan hal ini, dengan beberapa mengeluhkan “jangan lagi” memproduksi ponsel yang lebih tipis jika itu berarti mengorbankan daya tahan baterai. Ukuran baterai 1570 mAh pada iPhone 5s jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan baterai 2600 mAh pada Samsung Galaxy S4.

Namun, dengan rumor yang terus beredar mengenai iPhone yang layarnya lebih besar dan bodi yang lebih lebar bagi para penggemar Apple, mungkin baterai yang lebih besar akhirnya akan dipasang (walaupun display yang lebih besar juga mungkin berarti konsumsi dayanya lebih banyak).

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 e - Tutorial | by Moeh Fitrah