Jumat, 08 November 2013

Cara menonaktifkan dan mengaktifkan perangkat penyimpanan USB

     Drive USB (juga dikenal sebagai flash drive, disk drive ponsel atau pena) menjadi standar paling populer dari kehari untuk menyimpan dan memindahkan data. Dukungan USB tersedia di PC kedua komputer IBM-compatible dan Apple. Dukungan USB port plugging dan plug & play. USB memungkinkan untuk menghubungkan hingga 127 perangkat USB ke bus melalui port tunggal. Nama drivernya “usbstor.sys”digunakan untuk mengkomunikasikan drive USB ke sistem operasi.

     USB drive memang sangat berguna sebagai alat untuk mentransfer data tetapi pengguna yang lain dapat dengan mudah mengambil informasi rahasia dari komputer Anda dan juga dapat meng-upload file yang terkena virus ke komputer Anda dengan sengaja atau sengaja. Tapi Anda bisa mencegah pengguna untuk menggunakan drive USB di komputer anda dengan menonaktifkan kemampuan “usbstor.sys” (USB driver) pada komputer anda. Ini akan memblokir perangkat penyimpanan USB saja sementara penggunaan perangkat USB keyboard, mouse dan lain-lain akan bekerja dengan baik.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk memblokir perangkat penyimpanan USB:


Untuk mengedit fitur ini, Anda perlu login ke komputer Anda melalui account administratif.
  1. Tekan tombol Start, kemudian tekan tombol Run, lalu pada teksbox, ketik perintah regedit.exe
  2. Dalam registry editor Cari path: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR
  3. Pilih dan klik folder “USBSTOR” dan di sisi kanan panel registry editor cari nilai dengan nama “Start”. (lihat gambar usbstor.JPG)
  4. Double klik pada pilihan “Start ” dan kemudian set nilainya 4 pada bagian “Value data”. agar perangkat penyimpanan USB tidak dapat digunakan.
  5. Tutup Registry editor dan restart komputer Anda agar perubahan diterapkan.
Untuk mengembalikan pengaturan default, buka Registry Editor sekali lagi dan lakukan dengan cara yang sama seperti diatas dan set nilainya ke 3 (agar perangkat penyimpanan USB dapat digunakan lagi).

Sekian Penjelasan Dari Saya Gan, Silahkan di Praktekkan. Semoga Bermanfaat. Jangan Lupa Tulis Komentar Yah Gan. Thanks. :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 e - Tutorial | by Moeh Fitrah