Jumat, 19 Oktober 2012

Bekerja dengan Control Array



Sebuah control array adalah sekelompok control yang saling membagi nama dan tipe yang sama. Mereka juga membagi event procedures yang sama. Sebuah control array mempunyai sedikitnya satu elemen dan dapat bertambah sebanyak jumlah elemen sesuai dengan sumber daya sistem Anda dan yang diizinkan memory; ukurannya juga tergantung pada seberapa banyak memory dan sumber daya Windows yang dibutuhkan untuk setiap control. Maximum index yang dapat Anda gunakan dalam sebuah control array adalah 32767. Elemen-elemen dari setiap control array mempunyai setting property yang sama. Penggunaan control arrays umumnya untuk control Menu dan pengelompokan optionbutton.

Catatan: Visual Basic memiliki kemampuan untuk menambahkan secara dinamis control-control yang tidak saling memiliki hubungan (unreferenced) ke dalam Controls collection pada saat "run-time". Topik ini merefer hanya kepada control yang saling memiliki hubungan (referenced) dan ditambahkan pada saat "design-time" dengan meng-"cut" dan "paste" sebuah control ke dalam sebuah form. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menambahkan control-control pada saat "run-time", lihat referensi ke topik "Add Method (Controls Collection)" dan "Add Method (Licenses Collection)."

Mengapa Menggunakan Control Arrays?
Menambahkan control-control dengan control arrays menggunakan lebih sedikit sumber daya daripada menambahkan banyak control dengan tipe yang sama ke sebuah form pada saat "design-time". Control arrays juga berguna jika Anda ingin beberapa control dapat saling menggunakan coding yang sama. Sebagai contoh, jika tiga optionbuttons dibuat sebagai control array, coding yang sama dieksekusi terlepas optionbutton yang mana yang sedang diklik.

Jika Anda ingin membuat sebuah control baru pada saat "run-time", control itu haruslah menjadi anggota dari sebuah control array. Dengan sebuah control array, setiap elemen baru mewarisi event procedure dari array tersebut.

Dengan menggunakan mekanisme control array, setiap control yang baru mewarisi event procedures umum yang berlaku pada array. Sebagai contoh, jika form Anda memiliki beberapa textboxes, di mana setiap textbox menerima sebuah nilai tanggal, sebuah control array dapat dibuat sehingga semua textboxes saling berbagi dan menggunakan coding validasi yang sama.

Sumber: MSDN Library - Januari 2000 -> Working With Control Array.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 e - Tutorial | by Moeh Fitrah